Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Syarat Penelitian Ilmiah & Struktur Lengkapnya

Syarat Penelitian Ilmiah & Struktur Lengkapnya - Pada saat melakukan penelitian seseorang harus memahami terlebih dahulu syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan penelitian. Dengan demikian seorang peneliti dapat menghasilkan suatu informasi yang terarah dan sesuai dengan kondisi serta fakta di lapangan. Penelitian yang akurat sangat bermanfaat sebagai sumber informasi yang memuat unsur-unsur yang dapat dipertanggungjawabkan. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan suatu penelitian adalah sebagai berikut :

a. Purposive

Suatu penelitian harus mempunyai tujuan ataupun maksud tertentu agar dapat dengan mudah dalam menentukan langkah tujuan dalam meneliti suatu permasalahan ketika berada di lapangan. Selain itu juga sebelum melakukan penelitian harus merumuskan arah dan tujuan agar proses penelitian dapat berjalan dengan baik.

b. Rigor

Dalam tahap penelitian harus dilakukan dengan teliti, cermat, dan sangat akurat. Hal ini untuk mendapatkan data ataupun informasi yang relavan pada saat mengamati permasalahan penelitian. Dengan memperhatikan aspek ini, diharapkan hasil dari penelitian dapat dipertanggungjawabkan seutuhnya.

c. Testability

Hipotesis yang telah diperoleh harus ditentukan dan dapat diuji dengan ilmu statistika serta keilmuan yang saling berkaitan dengan permasalahan yang diteliti baik pada penelitian kualitatif ataupun kuantitatif. Setelah melaksanakan syarat ini dipastikan data atau informasi yang didapatkan akan valid dan ilmiah.

d. Replicability

Dari hasil temuan haruslah menghasilkan kesimpulan yang bersifat stabil (tetap). Artinya ialah dari hasil penelitian yang telah dilakukan akan mempunyai kesimpulan yang sama pada saat dilakukan dengan seorang peneliti lainnya dan menggunakan metode atau cara yang serupa.

e. Precision and Confidence

Pada tahap ini hasil penelitian harus memiliki unsur atau data yang bersifat sangat akurat, selain itu juga peluang taksiran peneliti harus benar. Dalam menjalankan syarat ini seseorang peneliti dapat menggunakan uji statistika untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan masalah saat penelitian.

f. Objectivity

Dari hasil penelitian harus dapat disimpulkan berdasarkan fakta yang berdasarkan hasil dari temuan. Dalam pembuatan kesimpulan peneliti tidak diperbolehkan dalam menarik kesimpulan yang didasarkan dengan subjektifitas dan rasa emosional seseorang peneliti.

g. Generalizebility

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan data ataupun informasi yang didapatkan harus dapat diterapkan dan disebar dengan seluas mungkin. Artinya, apabila dalam penelitian menggunakan ruang lingkup yang cukup luas, maka dalam tahap penerapan hasil penelitianpun akan semakin luas informasinya.

Advertisement
h. Parsimony

Dalam langkah penelitian seorang peneliti harus mempunyai salah satu prinsip kesederhanaan dalam menjelaskan beberapa bagian yang terpenting. Sebagai contoh pada bagian masalah penelitian dan juga alur penelitian yang harus diterapkan dengan terstruktur pada saat terjadinya proses penelitian secara langsung.

Penelitian adalah langkah yang dapat mengambangkan suatu ilmu pengetahuan, dengan tidak adanya penelitian bidang ilmu tidak akan pernah mengalami perkembangan. Selain syarat-syarat yang telah dijelaskan di atas sebagai penuntun dalam langkah penelitian, seorang peneliti juga harus memperhatian beberapa aspek yang lainnya. Adapun aspek yang penting dan perlu diperhatikan adalah sebagai berikut : 

1) Sistematis

Dalam melaksanakan penelitian harus sesuai dengan metode tertentu, yaitu diawali dengan yang bersifat paling sederhana hingga yang bersifat kompleks. Penerapan aspek sistematis dapat menghasilkan  tujuan penelitian yang efektif, efisien, dan aktual berdasarkan fakta.

2) Terencana

Suatu penelitian dilakukan karena adanya sifat kesengajaan dan sebelum melakukan penelitian harus sudah merancang apa saja metode ataupun langkah-langkah untuk menjawab hipotesis permasalahan. Dengan demikian dapat menghasilkan masalah yang runtun sesuai dengan teori yang sebenarnya.

3) Mengacu Pada Konsep Ilmiah

Pada tahap ini langkah dalam penelitian dari awal hingga akhir disesuaikan dengan metode yang telah ditentukan sejak awal penelitian. Adapun arti dari mengacu pada konsep ilmiah ini adalah untuk menunjang hasil penelitian yang menghasilkan ilmu pengetahuan relevan.

Dalam melakukan penelitian seseorang dibebaskan dalam menentukan berbagai metode yang akan digunakan. Adapun metode yang akan dipakai secara umum mengacu pada tujuan penelitian, pendekatan, tempat, bidang ilmu, sifat permasalah, dan sebagainya. Berikut ini macam-macam metode penelitian ditinjau dari segi tujuan diantaranya, yaitu :

- Penelitian Eksploratif

Jenis penelitian ini baik digunakan apabila seseorang ingin mengetahui secara lebih luas mengenai sebab dan akibat ataupun unsur-unsur yang melatarbelakangi terjadinya suatu permasalahan.

- Penelitian Developmental

Penelitian developmental adalah metode penelitian yang dilakukan dalam bentuk percobaan dan penyempurnaan. Artinya, penelitian yang sudah pernah dilakukan disempurnakan kembali untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih luas dan mendalam.

- Penelitian Verifikatif

Penelitian verifikatif adalah suatu penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk memastikan kebenaran hasil dari penelitian. Jadi untuk metode penelitian jenis ini seorang peneliti mengecek kembali mengenai kerelevanan suatu informasi data yang dihasilkan dari penelitian sebelumnya.

Jika ditinjau dari pendekatannya metode penelitian dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Adapun bagian-bagian dari metode pendekatan tersebut adalah sebagai berikut :

• Pendekatan Longitudinal

Pendekatan longitudinal merupakan tahap penelitian dimana pada sample subjek yang sama dipahami dalam batas waktu tertentu. Adapun kelemahan dari metode ini menuntut tersedianya komitmen antara individu dengan lembaga yang siap menyediakan sumber daya, waktu, dan sebagainya.

• Pendekatan Cross-sctional

Pendekatan ini banyak menggunakan subjek dan meneliti faktor-faktor pertumbuhan lebih sedikit. Kelemahan dari metode ini yaitu kemungkinan besar variabel luar yang akan membawa perbedaan dari populasi yang sudah diambil sampelnya.

Sumber :
http://medicalfly91.blogspot.co.id/2014/11/syarat-penelitian-ilmiah.html

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top