Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Pengertian, Jenis, dan Contoh Simbiosis

Pengertian, Jenis, dan Contoh Simbiosis - Simbiosis ialah sebuah hubungan interaksi kehidupan yang terjadi antara dua organisme yang hidup saling berdampingan. Asal kata / istilah simbiosis diambil dari bahasa Yunani yakni sym yang bermakna dengan dan biosis yang bermaknakan kehidupan. Hubungan dua organisme berlainan jenis yang hidup berdampingan tersebut membentuk sebuah pola interaksi yang cukup erat. Makhluk hidup yang dengan cara berimbiosis disebut dengan istilah simbion.

A. Jenis-Jenis Simbiosis


Hubungan interaksi organisme yang hidup dengan saling berdampingan atau simbiosis dapat dibagi ke dalam 3 jenis diantaranya ialah simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme. Berikut penjelasan serta contohnya :

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme merupakan hubungan yang terjadi antara dua jenis organisme / makhluk hidup yang berlainan jenis yang memberikan sisi keuntungan terhadap kedua makhluk tersebut dalam interaksi kehidupannya. 

Contoh :

- Lebah dan Bunga

Lebah diuntungkan oleh bunga karena bintanang tersebut bisa menghasilkan madu dengan cara menghisap nektar yang terdapat pada bunga. Sedangkan keuntungan yang diperoleh pada bunga adalah dengan hinggapnya lebah pada kelopak bunga maka secara teknis akan membantu proses penyerbukan pada bunga.

- Burung jalak dan Kerbau

Burung jalak mendapat keuntungan dari kerbau karena mendapat makanan berupa kutu yang berada pada tubuh kerbau. Sedangkan kerbau mendapatkan keuntungan dari jalak dengan berkurangnya kutu-kutu yang ada pada tubuhnya karena telah dimangsa oleh burung jalak. 

- Bunga Raflesia dan Lalat

Lalat mendapatkan makanan berupa sari bunga dari tanaman raflesia sedangkan raflesia terbantu dalam prosesi penyerbukan dengan hinggapnya lalat pada kelopak bunga. 

- Kupu-Kupu dan Bunga

Kupu-kupu memeroleh nektar dari bunga dengan cara menghisap sarinya sedangkan bunga mendapatkan keuntungan dari kupu-kupu yang hinggap pada kelopaknya sebagai upaya mempercepat prosesi penyerbukan. 

- Kumbang dan Bunga

Sama halnya dengan kupu-kupu dan lebah, kumbang juga mendapatkan nektar dari bunga dan selanjutnya terjadi percepatan proses penyerbukan akibat hinggapnya kumbang pada kelopak bunga.

- Bakteri Ecoli dan Manusia

Bakteri Ecoli hidup di dalam tubuh manusia dengan cara menghisap sari makanan yang ia butuhkan. Sedangkan manusia mendapatkan keuntungan dengan adanya bakteri tersebut sebagai organisme yang membantu prosesi pembusukan makanan di dalam usus besar.

- Bakteri Rhizobium dan Akar Tanaman Polong-polongan

Bakteri Rhizobium memperoleh keuntungan dengan mendapatkan asupan makanan dari tanaman polong-polongan sedangkan tanaman polong bisa menghasilkan nitrogen dengan bantuan dari bakteri Rhizobium.

- Flagelata dan Rayap

Flagelata hidup dalam usus rayap dan memperoleh asupan makanan dari binatang tersebut. Sedangkan rayap dapat dengan mudah mencerna kayu dengan bantuan dari flagelata (Myxotricha dan Trichonympha). Flagelata mengeluarkan enzim selulosa yang dapat membuat unsur partikel kayu menjadi lebih lunak dan mudah dicerna oleh rayap.

Advertisement
2. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah interaksi hubungan antara dua jenis organisme / makhluk hidup yang hanya menguntungkan salah satu dari keduanya dan merugikan makhluk hidup lainnya. Contoh :

- Benalu dan Tanaman

Benalu pada batang pohon tanaman mendapatkan keuntungan dengan bergantung hidup dari sari pati inangnya. Sedangkan tanaman yang dihinggapi oleh benalu dirugikan karena sari makanan yang ia miliki dihisap oleh benalu tersebut.

- Kutu pada Hewan 

Kutu yang terdapat pada sejumlah hewan misalnya kucing, anjing, kerbau, dan lain sebagainya mendapatkan keuntungan sebagai parasit yang mengganggu pada tubuh hewan yang dihinggapinya. Sedangkan hewan yang dihinggapi oleh kutu tersebut dirugikan dengan terjangkitinya tubuh hewan tersebut oleh kutu yang barang tentu sangat mengganggu.

- Tanaman Tali Putri dan Tanaman Teh

Tanaman tali putri memperoleh keuntungan dari tanaman teh dengan menyerap sari makanan yang terdapat di dalamnya. Sedangkan tanaman teh dirugikan karena tanaman tali putri hinggap dan menyerap sari makanan yang ada padanya.

- Cacing Hati dan Sapi

Cacing hati memperoleh keuntungan dengan menyerap sari makanan dan  bergantung di dalam hati sapi. Sedangkan sapi dirugikan karena keberadaan cacing tersebut tentu akan mengganggu kesehatannya.

- Kutu rambut dan manusia

Kutu rambut hinggap pada dan hidup dengan menghisap darah di bagian kepala manusia. Sedangkan manusia tentu dirugikan dengan rasa tidak nyaman dan gatal yang ditimbulkan oleh kutu tersebut.

- Bakteri Penyakit Kulit (Panu, Kurap, dan Kadas) dan manusia

Bakteri ini menimbulkan penyakit kulit seperti panu, kadas, dan kurap pada manusia yang sudah barang tentu merugikan manusia. Sementara bakteri tersebut menempel sebagai parasit pada kulit manusia.

- Lalat dan Buah Jambu

Lalat bersarang dan menitipkan telurnya pada buah jambu. Sedangkan buah jambu dirugikan karena akan lebih cepat membusuk dengan adanya telur lalat tersebut.

- Cacing (Pita, Gelang, Tambang) dan Manusia

Cacing pita, gelang, dan tambang hidup sebagai parasit dalam tubuh manusia. Manusia dirugikan karena terganggu kesehatannya yang disebabkan oleh aktivitas cacing tersebut.

3. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme ialah suatu hubungan interaksi dua jenis makhluk hidup dimana salah satu diantaranya diuntungkan sementara yang lainnya tidak dirugikan dan tidak pula diuntungkan.

Contoh : 

Ikan Remora dan Ikan Hiu

Ikan remora mendapatkan keuntungan dengan memperoleh perlindungan dari ikan hiu sedangkan ikan hiu tidak mendapatkan keuntungan dan tidak pula dirugikan dengan adanya ikan remora tersebut.

Sumber :
http://www.ilmupengetahuanalam.com/2015/02/pengertian-serta-contoh-simbiosis-mutualisme-parasitisme-dan-komensalisme.html

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top