Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Pengertian, Cara Kerja, Fungsi dan Sifat Enzim

Pengertian, Cara Kerja, Fungsi dan Sifat Enzim - Kata enzim berasal dari bahasa Yunani yakni enzyme yang berarti ragi. Enzim adalah sebuah bimolekul yang berupa protein dan berbentuk bulat. Enzim merupakan senyawa yang tersusun atas protein (apoenzim) dan senyawa non protein (cofactor).Berguna mempercepat suatu prosese metabolisme di dalam tubuh, komponen enzim begitu penting karena mampu mempercepat dengan menurunkan energi aktivasi yang dibutuhkan saat reaksi metabolisme akan dimulai. Tanpa adanya enzim, reaksi metabolisme yang terjadi dalam tubuh akan berlangsung sangat lambat dan lama.

A. Cara Kerja Enzim


Cara kerja enzim adalah dengan cara menempel pada permukaan molekul zat-zat yang akan bereaksi sehingga mempercepat proses reaksi. Dari proses dan cara kerja enzim di dalam tubuh mengakibatkan senyawa intermediate dalam reaksi organik berenergi rendah. Beberapa enzim berubah pada saat awal reaksi, setelah itu kembali ke bentuk semula hingga prosesnya berakhir. Berikut adalah beberapa cara kerja enzim :

- Menciptakan lingkungan dengan transisi terstabilisasi untuk menurunkan energi aktivasi.
- Menurunkan energi transisi dengan menciptakan lingkungan yang terdistribusi dengan muatan berlawanan dan tanpa mengubah bentuk substrat sedikit pun.
- Membentuk lintasan reaksi alternatif.
- Menggiring substrat pada orientasi yang tepat untuk bereaksi dengan cara menurunkan perubahan entropi reaksi.

Dengan melihat beberapa cara kerja enzim di atas, dapat digambarkan cara kerja enzim dengan dua teori yaitu :

1. Teori Gembok dan Kunci ( LockandKey)

Berdasarkan teori ini enzim akan berkaitan dengan substrat dengan bentuk sama dengan sisi aktif enzim. Subrat diibaratkan sebagai anak kuncinya, hanya substrat memiliki bentuk yang cocok. Disini enzim diibaratkan sebagai sebuah kunci yang dapat membuka sebuah gembok yang disini diibaratkan substratnya. Kekurangan dalam teori ini adalah tidak mampu menjelaskan tentang kestabilan enzim saat peralihan titik reaksi enzim.

Advertisement
2. Teori Induksi ( InducedFit)

Teori ini mengatakan, enzim melakukan penyesuaian bentuk untuk berikatan dengan substrat. Tujuannya meningkatkan kecocokan dengan substrat dan membuat ikatan enzim substrat lebih reaktif. Teori ini mengibaratkan enzim memiliki sisi aktif yang fleksibel, dengan demikian sisi aktif enzim memiliki titik-titik pengikatan yang spesifik. Hanya substrat yang memiliki titik-titik pengikat yang sama yang akan menginduksi sisi aktif enzim. Dikatakan pula teori ini menjawab kekurangan dari teori sebelumnya dan teori ini paling banyak diakui oleh para peneliti untuk menjelaskan cara kerja enzim.

B. Fungsi Enzim


Sebagai katalisator yang mempercepat terjadinya laju sebuah reaksi baik dalam tubuh manusia atau dalam sebuah uji coba laboraturium yang akhirnya untuk komersial. Enzim yang digunakan untuk kebutuhan dunia industri antara lain : enzim yang berperan menghidrolisis karbohidrat, enzim yang bekerja pada pektin, enzim yang bekerja pada minyak atau lemak serta enzim untuk mengurai protein. Namun kali ini kita akan membahas fungsi enzim dalam tubh manusia yaitu untuk memperlancar pencernaan.

- Mulut : enzim amilase dalam air ludah, dihasilkan oleh kelenjar parotis atau kelenjar ludah dan oleh pankreas. Fungsinya untuk mengubah amilum menjadi maltosa atau molekul yang lebih sederhana. Ketika kita mengunyah makanan, lama kelamaan kita akan merasakan rasa dari makanan tersebut, disitulah efek dari enzim amilase.
- Lambung : terdapat tiga jenis enzim yang memiliki fungsi berbeda-beda. Enzim renin berfungsi mengubah kaseinogen menjadi kasein. Enzim pepsin untuk mengubah protein menjadi pepton, proteosa dan polipeptida. Enzim lipase untuk mengubah trigliserida menjadi asam lemak.
- Usus halus : terdapat beberapa jenis enzim. Enzim laktase berfungsi mengubah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa. Enzim maltase berfungsi mengubah maltosa menjadi glukosa. Enzim lipase untuk mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak. Enzim enterokinasi berfungsi mengubah tripsinogen menjadi tripsin. Enzim peptidase untuk mengubah polipetida menjadi asam amino. Enzim sukrase mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa.
- Pankreas, enzim tripsin berfungsi mengubah protein menjadi polipeptida. Enzim lipase mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Enzim amilase untuk mengubah amilum menjadi maltosa atau disakarida. Enzim karbohidrasi berfungsi mencerna amilum menjadi maltosa.

C. Sifat-Sifat Enzim


Peranan enzim yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, oleh karena itu kita harus mengetahui bagaimana sifat dari enzim. Berikut sifat-sifat enzim yang harus kita ketahui :

1. Biokatalisator (katalis) artinya merupakan senyawa katalis yaitu senyawa yang mempercepat suatu reaksi kimia tanpa ikut bereaksi. Enzim mampu meningkatkan laju reaksi pada kondisi biasa yaitu dari tekanan, suhu dan pH. Dengan ini dikatakan aktivitas enzim dapat diatur.   

2. Termolabil artinya sangat dipengaruhi oleh suhu, enzim memiliki suhu optimum untuk dapat menjalankan fungsinya. Pada umumnya enzim bekerja optimum pada suhu 37 derajat celsius.

3. Spesifik artinya enzim mengikat substrat yang mampu berkaitan dengan sisi aktif enzim. Substrat memiliki titik pengikatan yang sama yang menyebabkan dapat diikat oleh enzim. Sifat sepesifik enzim ini juga dijadikan sebagai dasar penamaan. Enzim tertentu hanya bisa mengikat substart tertentu (Spesifik) sehingga terjadilah pengaktifan substrat dan perubahan kimiawi terjadi pada molekul.

4. Dipengaruhi pH, sama halnya suhu, pH atau derajat keasaman turut mempengaruhi kerja enzim. Umumnya enzim bekerja pada suasana netral (6,5-7). Namun beberapa enzim optimum pada pH asam seperti Pepsinogen, ataupun di pH yang basa seperti Tripsin.

5. Bekerja bolak balik artinya enzim memecah senyawa A dan B, juga membantu pembentukan senyawa B dari senyawa A.

6. Tidak menentukan arah raksi artinya perubahan senyawa A menjadi B atau sebaliknya. Dalam contoh ketika tubuh kekurangan glukosa maka akan memecah gula cadangan (glikogen) dan juga sebaliknya.

SUMBER :
http://kakakpintar.com/pengertian-cara-kerja-enzim-fungsi-dan-sifat-enzim/

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top