Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Pengertian Gelombang Elektromagnetik & Penjelasan Lengkapnya

Pengertian Gelombang Elektromagnetik & Penjelasan Lengkapnya – Gelombang merupakan suatu getaran yang merambat. Gelombang Elektromagnetik merupakan jenis gelombang yang tidak memerlukan medium untuk menghantarkan getarannya. Oleh karenanya ia disebut juga sebagai radiasi elektromagnetik. Kehidupan kita sangat erat dengan sinar – sinar radiasi yang merupakan salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik. Paparan radiasi ini salah satunya ialah pancaran sinar matahari, yang tiap harinya dapat kita rasakan melalui sensor kulit yang kita tangkap. Lantas bagaimana sebenarnya radiasi elektromagnetik? Berikut penjelasan lengkapnya.

A.   Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Gelombang merupakan suatu getaran yang merambat. Untuk merambat, gelombang dapat memerlukan medium atau tidak. Gelombang elektromagnetik (GEM) adalah gelombang yang tidak memerlukan medium yang terbentuk akibat interaksi antara medan listrik dengan medan magnet yang saling tegak lurus.

Kombinasi medan listrik dengan medan magnet ini membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Heinrich Herzt adalah ilmuwan yang pertama kali meneliti tentang GEM. Cabang ilmu khusus yang mengkaji lebih dalam tentang GEM disebut eletrodinamika.

Setiap hari kita dekat dengan paparan radiasi. Cahaya tampak ialah salah satu contoh dari radiasi elektromagnetik. Contoh yang lebih dekat lagi ialah sinar ultraviolet. Atau pancaran sinar laptop yang membuat mata Anda berkerlip ketika membaca artikel ini. See! Kita tidak melihat medium perantaran panas (energi) untuk menghantarkannnya dari sumber, namun kita tetap dapat merasakan panas tersebut.

Hal ini dikarenakan GEM tidak memerlukan medium untuk merambat. Gem termasuk gelombang transfersal berdasarkan bentuk gelombangnya yang membentuk lembah dan bukit.

B.   Karakteristik Gelombang Elektromagnetik
GEM memiliki karakteristik sebagai berikut:
1.    Tidak memerlukan medium perantara
2.    Merupakan gelombang transversal yang memiliki pola bukit dan lembah
3.    Tegak lurus dengan medan magnet dan medan listrik
4.    Merambat ke segala arah dengan kecepatan yang sama
5.    Memiliki kecepatan  di ruang hampa dengan persamaan:

6.    Mengalami pemantulan (refleksi), pembiasan (refraksi), perpaduan (interferensi), pelenturan (difraksi), serta pengkutuban (polarisasi)
Advertisement

C.   Macam – Macam Gelombang Elektromagnetik
Gelombang elektromagnetik dapat menjadi sebuah gelombang dapat juga menjadi sebuah partikel, tergantung pada kondisinya. Dikatakan sebagai gelombang tentu terkait dengan cepat rambat gelombang serta panjang gelombangnya. Sementara dikatakan sebuah partikel karena GEM merupakan foton (cahaya) yang memiliki energi dan juga frekuensi yang besarnya dapat dihitung dengan persamaam Planck yang telah disempurnakan oleh Einstein, Ephoton=hf, dengan E ialah energi foton, h ialah konstanta Planck (6.626x10-34 J.s), dan f ialah frekuansi gelombang.

GEM memiliki panjang gelombang (spectrum) antara 10-4nm sampai 104km (note: 1 nanometer= 10-9 meter). Panjang gelombang (λ) berkaitan dengan frekuensi (f). Semakin besar panjang gelombangnya, maka frekuensiny makin kecil, begitu juga sebaliknya. Semakin besar frekuensi maka semakin besar pula energi yang dipancarkan. Tiap – tiap spectrum GEM memiliki karakteristik. Adapun yang termasuk ke dalam gelombang elektromagnetik ialah sebagai berikut:

1.    Gelombang radio
Ialah GEM yang memiliki spectrum antara 1mm – 104km
2.    Infra merah
Ialah GEM yang memiliki spectrum antara 10-3mm – 1mm
3.    Cahaya Tampak
Ialah GEM yang memiliki spectrum antara 400mm – 720nm
4.    Sinar UV
Ialah GEM yang memiliki spectrum antara 10–400nm
5.    Sinar – X
Ialah GEM yang memiliki spectrum antara 0,1nm – 10nm
6.    Sinar γ
Ialah GEM yang memiliki spectrum antara 10-4nm – 0,1nm

Dari uraian di atas, kita menjadi tahu, bahwa sinar γ adalah GEM yang memiliki energi paling besar (ingat semakin kecil panjang gelombang, semakin besar frekuensi dan semakin besar energi yang dipancarkan). Energi yang teramat besar itu mampu merusak kehidupan karena bersifat radioaktif. Terpapar sinar – sinar GEM yang memiliki energi yang tinggi (sinar UV, sinar X, Sinar gamma) dapat menyebabkan kanker.

Namun tidak semua GEM merusak atau merugikan kehidupan, karena GEM jugalah yang membangkitkan kehidupan seperti energi dalam Gelombang Cahaya Tampak yang dipancarkan oleh matahari digunakan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis, membuat makanan dalam suatu ekosistem, yang semua makhluk bergantung pada proses tersebut. Dan masih banyak lagi manfaat dari GEM yang telah kita rasakan sampai detik ini, salah satunya ialah penglihatan Anda yang begitu mengandalkan GEM untuk melihat benda dan lainnya. Semoga bermanfaat. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top