Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Pengertian Selulosa, Struktur, & Manfaatnya

Pengertian Selulosa, Struktur, & Manfaatnya – Selulosa merupakan senyawa karbohidrat kompleks yang tersusun atas banyak rantai glukosa a.k.a polisakarida. Di dunia ini, selulosa merupakan salah satu senyawa yang paling melimpah di bumi. 

Senyawa ini menyusun hampir seluruh organismee baik yang di daratan maupun di perairan. Lebih khususnya, senyawa ini menyusun dinding sel tumbuhan serta alga dan beberapa organisme lainnya yang tersebar di seluruh permukaan bumi. 

Dengan segala karakteristiknya, selulosa banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk menopang kehidupannya. Selain itu, senyawa ini juga banyak berperan bagi alam. Berikut selengkapnya pembahasan mengenai selulosa.

A. Struktur Selulosa


Selulosa adalah polisakarida yang tersusun atas monomer glukosa. Selulosa terdiri atas sekitar 300.000 monomer dengan berat molekul 245.000 sampai 1.000.000 g/mol. Selulosa memiliki rumus molekul (C5H10O5)n. 

Selulosa memiliki bentuk yang bercabang – cabang. Monomer – monomer yang tersusun secara linear kemudian diantara polimer – polimernya terdapat ikatan hydrogen yang menghubungkan satu polimer dengan yang lain. 

Dengan struktur yang demikian, menyebabkan selulosa memiliki struktur yang kompak serta kuat. Karakteristik inilah yang membuat tumbuhan sulit untuk dicerna oleh tubuh hewan pada umumnya. 

Sementara kelompok herbivore mengadakan simbiosis dengan mikroorganismee selulolitik untuk dapat memanfaatkan enzim selulosa agar dapat mencerna selulosa tumbuhan. Hal inilah yang menyebabkan herbivore mampu menyerap nutrisi yang ada pada tumbuhan. 

Umumnya, tubuh hewan tidak mampu menghasilkan enzim selulase. Namun, beberapa mikroorganismee seperti bakteri ataupun flagellate mampu menghasilkan enzim tersebut. Sehingga hewan – hewan herbivore seperti sapi, kambing, kuda, rayap, akan mengadakan simbiosis dengan mikroorganismee tersebut untuk membantu proses pencernaan selulosa dalam makanannya. 

Karakteristik selulosa yang kuat, sulit untuk dicerna oleh sebagian hewan. Pemecahan selulosa terjadi melalui proses selulolisis yakni hidrolisis ikatan hydrogen pada rantai selulosa yang dapat menggunakan senyawa asam atau enzim khusus pemecah selulosa. 

Pemecahan selulosa akan menghasilkan senyawa polisakarida yang lebih kecil yakni sellodekstrin atau sepenuhnya terurai menjadi glukosa. Struktur ikatan selulosa yang sangat kuat tidak akan terurai dengan air panas. Itulah mengapa kita sangat sulit untuk mencerna sayuran. 

Advertisement

B. Manfaat dan Peranan Selulosa


Berikut ini adalah peranan dan manfaat dari selulosa dalam kehidupan manusia maupun lainnya:

1. Penyusun dinding sel tumbuhan 

Selulosa merupakan penyusun utama dinding sel tumbuhan dan beberapa organisme lainnya seperti algae. Pada tumbuhan, selulosa sangat berperan penting bagi kelangsungan hidupnya di alam. Sifat kuat dan kaku yag dimiliki oleh selulosa memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh tegak di atas permukaan bumi. 

2. Memperlancar pencernaan hewan

Selulosa merupakan senyawa yang dikenal sebagai serat. Senyawa ini memiliki peranan yang pentin bagi tubuh hewan meski tidak mampu mencernanya. Serat mampu mendorong sisa – sisa makanan yang tidak tercerna (ampas makanan), sehingga proses defekasi akan berjalan lancer. 

Kekurangan serat dapat menyebabkan sembelit yakni gejala sulitnya defekasi akibat penyerapan air yang belebihan. Sementara jika terdapat serat a.k.a selulosa, feces akan mudah untuk dibuang. 

3. Bahan bangunan dan property lainnya 

Karakter selulosa yang kuat serta tidak larut akan air ini membuat selulosa memiliki banyak manfaat. Diantaranya yakni selulosa digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat kain atau karpet dan lainnya. Selulosa yang tidak larut air ini sangat mudah dipisahkan dari senyawa atau cairan lainnya. 

Selain itu, berkat adanya selulosa yang menyusun dinding sel tumbuhan salah satunya dimanfaatkan untuk pembuatan kertas, kardus, ataupun tisu. Adapun serat pada selulosa juga kerap dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan ataupun tali yang amat sangat kuat. 

Dengan demikian, banyak sekali manfaat selulosa yang telah digunakan oleh manusia sendiri ataupun organisme lainnya. Demikian penjelasan secara lengkap mengenai selulosa, semoga membantu.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top