Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Mengenal Bagian-Bagian Lidah (Anatomi) dan Fungsinya

Mengenal Bagian-Bagian Lidah (Anatomi) dan Fungsinya – salah satu organ yang patut kita syukuri ialah lidah. Organ yang tersimpan di dalam mulut ini memiliki banyak peranan bagi tubuh. Meski banyak yang mengatakan bahwa lidah tak bertulang, pernyataan tersebut tak sepenuhnya benar. Nyata – nyatanya, lidah ditopang oleh tulang hyoid yang menempel dengan bagian trakea guna membantu fungsi lidah. Lantas apa saja fungsi yang dimiliki lidah bagi tubuh, serta bagaimana struktur lidah sehingga menopang fungsinya dengan baik? Melalui artikel ini Anda akan menemukan jawabannya, berikut uraian lengkapnya. 

1. Struktur Lidah

Lidah merupakan organ yang tersusun oleh jalinan otot lurik. Pembentukan lidah terbentuk saat janin berusia sekitar empat minggu dalam masa kehamilan. Lidah berasal dari lapisan ektoderm yaitu lapisan embrionik yang juga asal dari sistem saraf serta alat indera lainnya. Lidah tersusun atas serangkaian massa otot lurik yang dilapisi membran mukosa. Lidah menempel pada tulang hyoid yang menopang gerakan lidah. 

Bagian permukaan lidah dilapisi oleh membtan mukosa dan pada lidah atas permukaannya kasar. Hal ini disebabkan oleh modifikasi sel- sel epitel penyusun membran mukosa yang mengalami modifikasi menjadi papila atau tatse bud. Sebagai alat pengecap, lidah memiliki sel reseptor yang mampu menangkan rasa dan meneruskannya ke otak. Sel reseptor ini terdapat di permukaan atas lidah yang disebut sebagai papila. Terdapat empat macam papila yang tersebar di permukaan atas lidah berdasarkan bentuknya, yaitu:

a. Papila filiformis yaitu papila yang berbentuk tipis dan meruncing seperti jarum (fili= benang/jarum). 
b. Papila fungiformis yaitu papila yang berbentuk seperti jamur.
c. Papila foliata yaitu papila yang berbentuk seperti daun.
d. Papila circumfalata yaitu papila yang berbentuk lingkaran. \

Advertisement
2. Fungsi Lidah 

Struktur organ di dalam tubuh akan disesuaikan dengan fungsi yang dimilikinya. Seperti yang telah diuraikan pada poin satu, lidah memiliki struktur yang berbeda dengan organ lainnya guna menopang fungsinya. Adapun fungsi lidah pada manusia ialah sebagai berikut:

a. Alat Indera Pengecap

Lidah berfungsi sebagai alat untuk merasakan rasa pada makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut. Yap! Lidah merupakan satu dari kelima alat indera yang ada di dalam tubuh. Semua alat indera berkembang dari lapisan yang sama yaitu ektoderm. Seperti yang telah diuraikan di atas, bahwa permukaan lidah terdapat papila / taste bud (tonsil pengecap) yang merupakan modifikasi dari sel – sel epitel permukaan atas lidah. Terdapat bermacam – macam papila berdasarkan bentuknya yang menyebar dipermukaan lidah. Kombinasi papila tertentu akan menentukan kemampuan sensitiitas lidah terhadap rasa tertentu. Melalui papila – papila yang tersebar di permukaan atas lidah inilah kita mampu membedakan empat macam rasa dasar yaitu:

- Manis yang sangat peka dirasakan pada bagian ujung lidah
- Asam yang memiliki titik sensitif di bagian tepi/sisi depan lidah
- Asin yang memiliki titik sensitif tepat di bagian belakang titik asam
- Pahit yang memiliki titik sensitif di bagian pangka; (belakang) lidah

b. Membantu Pencernaan Makanan Secara Mekanik

Lidah yang tersusun atas serangkaian otot lurik menyebabkan lidah memiliki kekuatan yang lebih besar dengan kontraksi yang lebih lama. Kemampuan lidah bergerak yang disebabkan oleh kontraksi otot lurik ini terjadi secara sadar atau dibawah pengaruh otak. Gerakan lidah ini sangat membantu dalam hal pencernaan makanan secara mekanik yaitu pencernaan yang dibantu oleh organ atau alat lainny agar makanan berubah ukurannya menjadi lebih kecil. Meskipun gigi yang berperan dalam penghancuran makanan, lidah memiliki kontribusi dalam membolak – balikan makanan ketika dikunyak di dalam mulut. Selain itu, lidah akan membantu memposisikan makanan dicerna. Setelah  terasa halus, maka makanan tersebut aka didorong masuk ke dalam saluran pencernaan selanjutnya, yaitu esofagus. 

c. Membantu Bicara 

Peran pentingnyalidah bagi tubuh ialah membantu bicara. Suara yang dihasilkan saat kita icaramemang bersumber dari pita suara yang terletak di dalam trakea. Namun,keberadaan lidah akan memperjelas pelafalan suara yang dihembuskan. Orang yang memiliki lidah yang pendek cenderung memiliki suara yang cedal. 

Demikian, struktur dan fungsi lidah di dalam tubuh kita, semoga bermanfaat. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top