Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Pengertian dan Fungsi Enzim Lipase

Pengertian dan Fungsi Enzim Lipase – lemak merupakan makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak berperan sebagai sumber energi cadangan, fungsi struktural dan fungsional dalam tubuh. Pencernaan lemak di dalam tubuh berlangsung dengan bantuan enzim lipase yang mampu memutuskan ikatan ester pada lemak. Hidrolisis lemak oleh lipase akan membentuk senyawa yang lebih sederhana yaitu trigliserida dan asam lemak.  

Enzim lipase termasuk enzim yang memiliki sifat seperti lemak. Enzim lipase mampu memecah ikatan ester kompleks antar penyusun monomer lemak. Lemak berperan sebagai molekul struktural di dalam tubuh. Lemak dapat ditemukan sebagai penyusun membran sel, hormon,, bantalan kulit, pelindung otak, dan lainnya. Dengan demikian, kita sangat memerlukan lemak. Pencernaan lemak yang baik tentu akan memberikan manfaat sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, banyak kelainan tubuh yang disebabkan karena kesalahan pencernaan lemak sehingga menyebabkna beragam penyakit. Seperti penyumbatan pembuluh darah oleh lemak (ateriosklerosis) yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. 

Pencernaan lemak di dalam tubuh terjadi pada lambung dan usus dua belas jari. Gastrik lipase adalah enzim lipase yang dihasilkan oleh dinding – dinding lambung bersama dengan getah lambung lainnya. Meski demikian, pencernaan lemak di dalam lambung tidak terjadi secara optimum. Hal ini dipengaruhi oleh ph lambung yang asam dengan keberadaan HCL. Selain di dalam lambung, pencernaan lemak juga terjadi di dalam usus duabelas jari. Pankreas menghasilkan enzim lipase yang disekresikan ke dalam lumen usus dua belas jari. Di dalam usus dua belas jari pencernaan lemak terjadi secara sempurna. Hal ini dikarenakan, kim (makanan yang berasal dari lambung) akan diemulsikan terlebih dahulu oleh cairan empedu dari hati. Lemak dapat dihidrolisis ketika berada dalam teremulsi dengan cairan empedu hasil perombakan eritrosit di dalam hati. Dengan demikian, jika terjadi gangguan dalam sekresi empedu maka akan terjadi gangguan dengan pencernaan lemak.  

Advertisement
Enzim lipase memiliki beragam jenis untuk memecah beragam jenis ikatan ester pada lemak baik yang terdapat pada makanan maupun lemak struktural dalam suatu organisme. Enzim lipase memiliki beragam fungsi yang vital bagi tubuh, yaitu:

1. Menghidrolisis lemak

Enzim lipase mampu memotong ikatan lemak sehingga menjadi partikel yang lebih kecil. Dengan demikian, akan memudahkan tubuh untuk mendapatkan lemak essensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Pemecahan lemak yang terjadi pada sistem pencernaan bertujuan untuk memudahkan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Setelah diserap di dalam tubuh, molekul besar lemak akan terbentuk kembali untuk diedarkan ke  seluruh tubuh. 

2. Menjaga kesehatan kantung empedu

Hidrolisis lemak di dalam tubuh terjadi dengan melibatkan enzim lipase dan cairan empedu. Di dalam lumen usus duabelas jari akan disekresikan cairan empedu hasil perombakan sel darah merah yang telah usang dan enzim lipase dari pankreas. Enzim lipase akan menghidrolisis lemak ketika lemak dalam kondisi teremulsi oleh cairan empedu. Dengan demikian lipase tidak dapat bekerja ketika cairan empedu terganggu. Enzim lipase membantu merangsang kesehatan kantung empedu agar tidak tersumbat atau sebagainya. Dengan rangsangan enzim lipase, maka hati akan senantiasa mensekresikan cairan empedu di dalam lumen usus dua belas jari.

3. Kontrol lemak di dalam tubuh

Fungsi lain dari enzim lipase ialah membantu mengontrol sintesis lemak di dalam tubuh. Lemak dari makanan akan dipecah untuk dibangun ulang menjadi lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Enzim lipase akan membakar kelebihan lemak yang tersimpan di dalam tubuh untuk menjaga agar jumlah lemak di dalam tubuh tetap stabil. Selain itu, enzim lipase akan membakar cadangan lemak untuk menjadi energi ketika cadangan karbohidrat menurun.


Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top