Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Macam-Macam Jaringan Pada Tumbuhan dan Fungsinya

Macam-Macam Jaringan Pada Tumbuhan dan Fungsinya - Jika ingin membangun sebuah rumah, tentu seorang pekerja bangunan harus menghubungkan bata atau kayu satu demi satu, sehingga pada akhirnya semua material terhubung kemudian membentuk sebuah rumah. 

Begitu juga dengan tumbuhan. Untuk membuat tumbuhan dapat tumbuh dan tetap hidup, diperlukan jaringan yang mempunyai fungsi menghubungkan antara satu bagian ke bagian lainnya, mengangkut sari makanan, dan melindungi tubuh tumbuhan itu sendiri.  

Jaringan pada tumbuhan terbagi atas lima bagian yaitu jaringan meristem, jaringan pelindung, jaringan pengangkut, jaringan penyokong, serta jaringan dasar.

a. Jaringan Meristem

Jaringan ini terletak di bagian ujung batang serta ujung akar. Sel-sel jaringan meristem merupakan sel yang selalu aktif membelah diri dalam rangka membentuk struktur primer yang ada di tumbuhan. 

b. Jaringan Pelindung

Seperti namanya, jaringan pelindung berfungsi melindungi permukaan tumbuhan. Jaringan ini juga disebut sebagai epidermis dan tersusun atas sel-sel rapat serta menutupi semua permukaan tubuh tumbuhan. 

Advertisement
c. Jaringan Pengangkut

Terdiri atas floem dan xylem serta disebut juga sebagai jaringan pembuluh. Fungsi dari jaringan ini adalah mengangkut zat-zat yang ada di dalam tumbuhan. 

Adapun floem mempunyai fungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Sementara xylem berfungsi mengangkut air serta mineral dari akar ke daun.

d. Jaringan Penyokong

Dinding jaringan penyokong begitu kuat dan tebal. Fungsinya adalah penguat atau penyokong tumbuhan dan contoh jaringan penyokong adalah jaringan kolenkim serta jaringan sklerenkim. 

e. Jaringan Dasar

Jaringan dasar berada hampir di semua tubuh tumbuhan. Jaringan ini terletak di batang, daun, hingga akar. 

Salah satu contoh jaringan dasar di daun adalah mesofil yang mempunyai kandungan kloroplas serta merupakan tempat berlangsungnya fotosintesis.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top