Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Anatomi Usus Halus, Fungsi Usus Halus, dan Gambar Usus Halus

Anatomi Usus Halus, Fungsi Usus Halus, dan Gambar Usus Halus - Usus merupakan salah satu bagian dari saluran pencernaan. Bagian ini terletak diantara perut dengan anus dan terdiri dari usus halus dan usus besar. Di dalam artikel ini, terdapat pembahasan singkat dan jelas mengenai bagaimana anatomi usus halus, fungsi, dan gambarnya. Mari kita simak poin-poin tersebut satu demi satu.

Anatomi Usus Halus


Usus halus mempunyai ukuran yang cukup panjang yaitu sekitar 20 kaki atau 6-7 meter. Sementara itu, diameternya sepanjang 1 inchi. Organ pencernaan ini melingkat di bagian tengah rongga perut. Panjangnya membentang dari lambung hingga ke bagian awal usus besar. 

Usus halus mempunyai sifat elastis sehingga bisa melebar apabila sedang menampung volume makanan yang cukup banyak. Sehingga, usus ini mempunyai jutaan lipatan mikroskopis yang bisa melebar permukaannya. 

Usus halus dibagi ke dalam tiga bagian yaitu duodenum, jejunum, dan ileum. 

- Duodenum (Usus dua belas jari) merupakan bagian pertama dan paling pendek dari usus halus. Panjangnya berkisar antara 25-30 cm dan usus bagian ini sangat berperan dalam proses pencernaan kimiawi.

- Jejunum (Usus kosong) adalah bagian tengah dari usus halus. Menghubungkan duodenum dengan ileum dan bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi ke dalam aliran darah. Bagian yang paling panjang dari usus halus ini juga mengeluarkan enzim pencernaan yang dapat diserap oleh usus. 

- Ileum (Usus penyerapan) merupakan bagian akhir dari usus halus. Pada manusia dewasa, ileum membentang sepanjang 12 kaki dari jejunum hingga ke katup ileocecal yang menghubungkan ke usus besar. Ileum jugalah yang membantu penyerapan vitamin B12.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai anatomi usus halus. Berikutnya akan dikupas secara lebih detail mengenai fungsinya. 

Advertisement

Fungsi Usus Halus


Usus halus merupakan organ yang berfungsi meneruskan pekerjaan (pencernaan) yang telah dilakukan oleh lambung. Untuk lebih detailnya, berikut ini fungsi-fungsi atau pekerjaan yang dilakukan oleh usus halus. 

1. Duodenum dan jejunum adalah dua bagian usus halus yang berfungsi memproses makanan secara kimiawi. Di dalam usus dua belas jari, lemak diemulsikan sehingga dapat dicerna secara lebih lanjut. 

2. Usus dua belas jari merupakan wadah dimana pankreas menghasilkan cairan pencernaan yang mengandung enzim tripsinogen, amilase, dan lipase. Ketiganya sama-sama mempunyai fungsi penting yaitu tripsinogen berfungsi mencerna protein menjadi asam amino. Amilase mencerna amilum menjadi glukosa. Sementara yang terakhir, lipase mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol. 

3. Selain enzim di atas, usus halus juga berfungsi menghasilkan enzim peptidase dan maltase yang membantu proses-proses pencernaan lainnya. 

4. Bagian terakhir dari usus halus yaitu ileum berfungsi menyerap sari-sari makanan yang telah dicerna. Pembuluh darah ileum akan menyerap glukosa, asam amino, serta mineral, dan vitamin. Sementara itu, asam lemak dan gliserol nantinya akan diserap melalui pembuluh getah bening yang kemudian bermuara pada pembuluh darah sehingga dapat diedarkan ke seluruh tubuh. 

Gambar Usus Halus


Gambar usus halus


Dari gambar di atas tampak tiga bagian dari small intestine (usus halus) yaitu duodenum ada di bagian paling awal, kemudian diteruskan oleh bagian paling panjang yaitu jejunum, dan yang ketiga adalah ileum sebagai bagian akhir dari usus halus. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top