Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Anatomi, Fungsi Usus Besar, dan Gambar (Lengkap)

Anatomi Usus Besar, Fungsi Usus Besar, dan Gambar Usus Besar - Berikut ini akan diberikan penjelasan seputar usus besar, semoga Anda bisa menuai manfaatnya.

Anatomi Singkat Usus Besar


Usus besar merupakan bagian akhir dari saluran pencernaan Anda. Tugas usus besar secara umum adalah menyerap air serta vitamin  serta mengubah makanan yang telah dicerna menjadi feses. 

Usus besar mempunyai ukuran yang lebih pendek ketimbang usus halus. Namun, jauh lebih tebal dibandingkan dengan usus halus. Panjang usus besar sekitar 5 kaki atau 1,5 meter, sementara dimeternya sekitar 2,5 inci atau 6-7 cm. 

Struktur usus besar terbagi atas 6 daerah yaitu sekum, kolon asendens, kolon transverum, kolon desendens, kolon sigmoid, dan rektum.

- Sekum berbentuk kantung kecil yang terletak di bagian perut kanan bawah. Ini adalah bagian pertama dari usus besar dan merupakan penghubung ke bagian terakhit dari ileum (usus penyerapan). 

- Kolon asenden adalah bagian yang dimulai dari dasar perut sebelah kanan, kemudian menuju ke atas (hati). Bagian ini jugalah yang merupakan bagian paling panjang dari usus besar itu sendiri.

- Kolon transversum terletak tepat di bagian bawah perut dan menjalar dari kanan ke arah kiri. Kolon transversum melekat pada perut akibat adanya kerja dari sekelompok jaringan yang disebut sebagai omentum.

- Kolon desenden terletak di bagian kiri perut dan berakhir pada kolon sigmoid.

- Kolon sigmoid adalah bagian yang tergabung dengan kolon desenden serta rektum. Strukturnya membentuk huruf 'S'.

- Rektum adalah bagian terahir dari usus besar. Pada bagian ini, kotoran atau feses disimpan sebelum pada akhirnya dikeluarkan melalui anus. 

Advertisement

Fungsi Usus Besar Secara Umum


6 fungsi usus besar secara umum adalah sebagai berikut:

a. Memindahkan Makanan

Fungsi pemindahan makanan ini dilakukan oleh sekum. Ketika makanan yang sudah dicerna memasuki sekum, maka bagian ini mulai mengembang untuk menampung makanan tersebut dan memindahkannya ke bagian inti usus besar. 

b. Menyerap Air

Dalam waktu 24 jam setelah Anda mengkonsumsi makanan, maka makanan yang telah dicerna di lambung dan usus halus akan tiba di usus besar. Disinilah ada banyak air yang kemudian diserap. Penyerapan air dilakukan agar dihasilkannya limbah padat berupa feses.

c. Menyerap Vitamin

Di dalam usus besar, terdapat sejumlah bakteri yang hidup dan menghasilkan banyak vitamin. Diantaranya adalah vitamin K dan biotin yang kemudian diserap kembali oleh tubuh melalui usus besar.

d. Mengurangi PH atau Keasaman

Selain menghasilkan vitamin, bakteri yang ada di dalam usus besar juga memproduksi asam lemak yang menyebabkan kadar keasaman di dalam usus meningkat. Untuk itu, usus besar berfungsi menghasilkan larutan alkali yang membantu mengurangi kadar keasaman sehingga memperoleh keseimbangan pH. 

e. Melindungi dari Infeksi

Usus besar mempunyai lapisan lendir, bermanfaat untuk melindungi lapisan usus dari bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi pada usus.

f. Mengeluarkan Kotoran

Rektum menjalankan fungsi ini. Setelah semua sari-sari makanan dan air terserap, maka terjadi proses pembentukan tinja padat atau feses yang kemudian dikeluarkan melalui rektum.

Gambar Usus Besar


Gambar usus besar

Itulah sedikit penjelasan dari usus besar yang dimulai dari anatomi, fungsi, hingga gambarnya. Semoga bermanfaat.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top