Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

6 Kelainan pada Sistem Gerak (Lengkap)

Gangguan & Kelainan pada Sistem Gerak (Lengkap) - Sistem gerak adalah salah satu sistem yang dapat mengalami gangguan atau kelainan. Ada banyak penyebab kelainan sistem gerak pada tubuh manusia. Beberapa diantaranya adalah cacat atau kelainan sejak lahir, kecelakaan, hingga kekurangan vitamin. 

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelainan-kelainan sistem gerak pada manusia, Anda bisa membaca penjelasan berikut ini.

1. Rickets


Rickets merupakan kelainan yang terlihat dari bentuk kaki. Kaki yang mengalami kelainan semacam ini mempunyai bentuk huruf O serta huruf X. Penyebab dari rickets adalah kekurangan zat kapur, fosfor, serta vitamin D. 

2. Osteoporosis


Kelainan tulang jenis ini biasanya terjadi pada orang yang lanjut usia dimana penghancuran tulang lebih cepat dibandingkan dengan pembentukan tulang. Penyebab osteoporosis adalah kekurangan kalsium dan akibatnya adalah pengeroposan tulang. 

3. Patah Tulang (Fraktura) 


Patah tulang adalah salah satu kelainan gerak yang terjadi akibat kecelakaan. Biasanya karena benturan yang terlalu keras sehingga tulang tidak mampu menahan laju benturan tersebut dan pada akhirnya patah.

Kendati demikian, orang yang mengalami patah tulang bisa dinormalkan kembali. Karena, sebagai organ yang hidup, tulang mempunyai kemampuan untuk membentuk jaringan yang baru dan memperbaiki jaringan lama yang telah rusak. 

Perbaikan tulang tersebut bisa lebih cepat apabila penderita masih berusia muda. Namun, berhati-hatilah terhadap pertumbuhan tulang ini, apabila tumbuhnya tidak sempurna maka tulang bisa menjadi bengkok dan cacat. 

Advertisement

4. Arthritis


Arthritis adalah peradangan yang terjadi pada sendi. Penyebab arthritis bisa bermacam-macam, diantaranya adalah membawa beban yang terlalu berat serta infeksi mikroorganisme. 

5. Lepas Sendi


Lepas sendi terjadi ketika sendi lepas dari tempatnya. Biasanya disebabkan karena kecelakaan atau ketika mengangkat serta berolahraga berat.  

6. Posisi Duduk


Posisi duduk yang buruk bisa menyebabkan pertumbuhan tulang seseorang mengalami kelainan. Tiga contoh kelainan yang kerap terjadi adalah skoliosis, kifosis, serta lordosis.

- Skoliosis adalah kelainan dimana tulang belakang melengkung ke samping. Pada kelainan ini, tubuh juga ikut membengkok atau melengkung ke samping. 

- Kifosis adalah kelainan dimana tulang belakang melengkung ke belakang sehingga tampak membungkuk. 

- Lordosis adalah kelainan pada tulang belakang yang melengkung ke depan. Perut penderita akan tampak maju akibat tulang yang melengkung ke depan. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top