Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Pengertian, Ciri-Ciri Ekosistem Air Tawar, Beserta Contohnya

Pengertian, Ciri-Ciri Ekosistem Air Tawar, Beserta Contohnya - Menurut sejarah teori evolusi, para ahli meyakini bahwa kehidupan berawal dari air yang berevolusi selama berjuta- juta tahun sampai muncul daratan. Bumi kita, adalah satu- satunya planet di semesta yang dirahmati memiliki air. Evolusi bumi yangtelah berlangsung selama bermilyaran tahun telah mengubah bentuk bumi. 

Sekitar 75% wilayah bumi tertutupi oleh air, dengan demikian bioma akuatik yang terbentuk masih menempati bioma terbesar yang menjadi tempat hidup begitu banyak organisme akuatik. Air dapat ditemukan terhempas dari daratan dan di antara dataran. Dengan demikian akan membedakan karakteristik keduanya. 

Ahli ekologi membedakan bioma akuatik menjadi dua berdasarkan sifat sifik dan kimiawi, bima air tawar dan bioma air laut. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai bioma air tawar.

Pengertian Ekosistem Air Tawar


Ekosistem air tawar merupakan salah satu ekosistem perairan (bioma akuatik) yang memiliki ciri kadar garam yang rendah. Ekosistem air tawar muncul atau dibentuk dari sumber air di bawah tanah. Dengan karakteristik abiotik yang demikian tentu sangat menentukan komponen biotik yang dapat bertahan hidup di dalamnya. 

Ciri-Ciri Ekosistem Air Tawar


- Memiliki suhu yang relatif homogen
- Suhu dan pH sangat ditentunkan oleh lingkungan
- Jika tercemar akan menyebabkan kerusakan ekosistem 
- Stratifikasi lapisan akuatik sangat pendek, sehingga perbedaan pada tiap lapisan sangat tipis.

Macam- Macam Bioma Air Tawar


Para ahli mengelompokan ekosistem air tawar menjadi dua golongan, badan air yang tetap diam dan badan air yang bergerak.  Ekosistem air tawar yang diam (lentik) `contohnya ialah kolam dan danau. 

Komunitas tumbuhan dan hewan tersebar berdasarkan kedalaman dan jarak dari tepian. Stratifikasi pada ekosistem air tawar yang diam dibedakan menjadi:

- Zona litoral, merupakan daerah perairan dekat dengan tepi, sehingga pada zona ini mendapat cahaya yang sangat banyak (disebut juga zona fotik karena paling banyak mendapat cahaya). Dengan demikian, zona ini menjadi tempat favourite bagi tumbuhan air, untuk tumbuh dan berkembang. 

Advertisement
- Zona limnetik, daerah ini terletak di bawah zona litoral yang agak lumayan lebih dalam dari permukaan dibanding zona litoral. Meski demikian, cahaya masih dapat menembus pada zona ini meski intensitasnya sangat berbeda dengan zona litoral (cahaya yang masuk remang- remang). Daerah ini didominasi oleh kelompok fitoplankton (alga), serta zooplankton (udang). Kemudian zooplankton akan dimakan oleh ikan- ikan karnivora. 

- Zona profundal, zona ini merupakan zona yang paling dalam (sampai menyentuh dasar perairan). zona ini disebut juga sebagai zona afotik karena pada zona ini cahaya tak mampu menembusnya. Organisme pada zona linmetik dan litoral berumur pendek, bangkainya akan jatuh ke zona profundal sampai ke zona bentik (dasar perairan). di dalam sini terdapat banyak mikroba pengurai yang menggunakan oksigen terlarut untuk menguraikan bangkai organisme yang telah mati.

Ekosistem air tawar dengan badan air yanng bergerak contohnya adalah sungai. Sungai terbentuk dari sumber mata air, hujan, mencairnya es pada daratan yang melengkuk. Sungai merupakan muara dari aliran anak- anak sungai (hulu). Pada daerah hulu(anak sugai) sering kali dingin, jernih, dan sedikit membawa sedimen darri erosi tanah dan bebatuan. 

Ekosistem lotik memiliki tantangan besar beagi bota yang hidup di dalamnya, pasalnya ekosistem ini merupakan derah yang mengalir, dengan demikian, penghuni biota air tawar harus berjuang lebih keras agar dapat bertahan. Adapun bentuk adaptasi biota pada ekosietem ini antara lain:

- Tumbuhan air memiliki akar perekat yang kuat yang menempel pada substrat yang kuat (dasar perairan, batu).

- Hewan- hewan yang hidup di dalam ekosistem ini memiliki semacam alat penghisap atau perekat untuk bertahan ketikan arus air sungai sangat deras, dengan demikian hewan- hewan tersebut mampu bertahan. 

Demikian deskripsi mengenai ekosistem air tawar. Semoga membantu.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top