Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Ciri-Ciri Bioma Tundra dan Pengertiannya (Lengkap)

Ciri-Ciri Bioma Tundra dan Pengertiannya (Lengkap) - Bioma Tundra merupakan salah satu ekosistem daratan yang dapat ditemukan di bagian kutub utara dan merupakan bioma daratan yang paling dingin diantara bioma lainnya. Kata tundra berasal dari Bahasa Finlandia, “turturia”, yang berarti daratan yang jarang terdapat pohon (treeless plain). Suhu yang amat sangat dingin (mencapai -34°C) serta angin yang kencang menyebabkan sulitnya tumbuhan besar (pohon) untuk tumbuh. Bioma tunda memiliki sedikit kandungan nutrisi, daratan dipenuhi oleh jamur, lumut serta beberapa semak- semak kecil. Bioma tundra dapat kita temukan di artik, alaska dan pegunungan alpine. Ciri- ciri bioma tundra antara lain:

a. Suhu sangat dingin (musim dingin mencapai -34 dan musim panas masih terasa dingin mencapai 12)
b. Memiliki sedikit kekayaan keragaman makhluk hidup, hal ini karena unsurabiotik yang sangat ekstrem hanya organisme tertentu yang dapat ditemukan karea kemampuan adaptasi
c. Curah hujan sanngat rendah
d. Musim dingin lebih panjang dari musim panas (musim panas hanya dua bula)
e. Waktu untuk pertumbuhan sangat pendek (hanya pada musim panas)
f. Sumber nutrisi berasal dari organisme yang telah mati,

Sama seperti ekosistem pada umumnya, ekosistem pada bioma tundra tersusun atas unsur- unsur biotik dan abiotik yang berbeda di banding bioma pada ekosistem lainnya. Berikut ulasannya,

Komponen Abiotik


Iklim, pada bioma tundra pengaruh garis lintang menyebabkan iklim di bioma ini memiliki iklim yang senantiasa dingin. Bioma tundra hanya memiliki dua musim, musim dingin dan musim panas. Suhu tahunan rata- rata berkisar 5 derajat. Curah hujan sangat pendek dan terjadi ketik musim dingin sekitar 100mm per tahun. Musim panas sangat singkat hanya berlangsung sekitar dua bulan dengan suhu sekitar 3- 12 derajat. Pada musim panas ini bioma tundra tampak terang 24 jam yang disebut dengan fenomena “aurora” dan dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk percepatan masa pertumbuhan. Sedang musim dingin, berlangsung amat panjang, hari- hari di bioma tundra diwarnai dengan suhu dibawah -34 derajat dan tertutup salju. 

Suhu, bioma tundra adalah bioma terdingin dari bioma yang ada didaratan bumi. Dengan musim dingin yang panjang, sebagian besar daratan tundra membeku tertutup salju, musim panas yang pendek untuk pertumbuhan tumbuhan masih bernuansa dingin karena suhu pada musim panas berkisar antara 3 sampai 12 derajat.

Tanah, struktur tanah pada bioma tundra memiliki sedikit kandungan nutrisi. Dua kelompok senyawa yang terkandung didalam tanah, yaitu nitrogen dan fosfor yang berasal dari pembusukan organisme yang telah mati. Tanah bioma tundra dikenal sebagai tanah permafrost yaitu tanah yang membeku secara permanen pada lapisan bawah hal ini karena suhu yang sangat dingin. Air hujan tak mampu menembus tanah permafost ini.

Advertisement
Air, dengan curah hujan yang sangat pendek 100mm per tahun terjadi pada musim dingin dan akan membeku, pada saat musim panas salju- salju ini akan mencair yang dapat digunakan oleh tumbuhan serta hewan- hewan yang tinggal di dalamnya. 

Cahaya, paparan cahaya matahari sangat minim terutama musim dingin. Ketika musim panas, cahay pada bioma tundra 24 jam sehingga dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk fotosintesis dan memaksimalkan pertumbuhan tumbuhan di musim panas.

Komponen Biotik


Produsen. Dengan kondisi abiotik yang demikian mempengaruhi komponen biotik yang hidup dalam bioma ini. Pada bioma tundra tidak ditemukan pepohonan seperti layanya pada bioma daratan lainnya, hal ini disebabkan oleh suhu yang amat dingin serta angin yang begitu kencang.  Vegetasi yang dapat ditemukan pada bioma ini antara lain lumut kerak (lichen), lumut (bryophyta) yang menutupi permukaan atas tanah, selain itu tumbuhan herba seprti rumput- rumputan, tumbuhan semak- semak kecil mewarnai daratan tundra. Vegetasi tumbuhan ini dapat diikmati ketika musim panas. Tumbuhan memanfaatkan waktu yang sangat pendek pada musim panas (sekitar dua bulan) untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karenanya masa hidup tumbuhan pada bioma ini sangat pendek. 

Konsumen, tak banyak komunitas hewan yang dapat ditemukan pada bioma ini mengingat iklim yang sangat ektreem. Bioma tundra diwarnai dengan komunitas mamlia besar dan juga burung. Hewan- hewan yang hidup di dalam boma ini memilii adaptasi terhadap suhu dingin. Hewan – hewan ini memiliki jaringan lemak yang tebal atau rambut yang tebal atau bulu yang tebal untuk melindungi dari suhu yang sangat dingin. Hewan – hewan akan tidur panjang (hibernasi) ketika musim dingin datang atau bermigrasi ke tempat yang lebih hangat. Hal ini karena pada musim dingin tidak ada makanan. Adapun hewan yang dapat ditemukan pada bioma ini antara lain:

• Herbivora, rusa kutub, karibu, terwelu, tupai
• Karnivora, beruang kutub, serigala, rubah
• Burung, pinguin, burung gagak, angsa salju, dan lain- ain (populasi burung sangatberagam karena pengaruh migrasi musimam)
• Insekta
• Ikan 

Dekomposer, jamur endir berperan sebagai dekomposer pada bioma ini yang menguraikan oranisme yang telah mati. Dekomposer sangat penting karena sumber nutrisi berasal dari organisme yang mati (tanah tundra miskin akan nutrisi, dan membeku). 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top