Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Dampak dan Penyebab Pencemaran Air

Dampak dan Penyebab Pencemaran Air - Air adalah sumber utama kehidupan. Kenapa penulis mengatakan hal yang demikian, hal ini karena air memegang peranan- peranan vital dalam kehidupan suatu organisme yang sebagian besar tersusun atas air. Air menjadi penanda bagi suatu tempat yang mendukung kehidupan. Bumi adalah satu- satunyaplanet yang dihuni oleh berbagai makhluk hidup halini karena bumi memiliki air. Diperkirakan 1,4 triliu kilometer kubik air menutupi bumi (sekitar 71%).

 

Pentingnya dan Sifat Air


Air amat penting bagi kelangsungan hidup suatu organisme. Tanah yang subur memiliki kadar air yang cukup, yang mana ini akan penting bagi pertumbuhan tumbuhan. Air memegang kunci suatu reaksi kiia di dalam tubuh organisme, hal ini karena air berperan sebagai pelarut. Tak ada habisnya memang jika membahas pentingnya air bagi suatu kehidupan, bahkan Tuhan pun terlebih dahulu menerangkan tentang hal ini melalui firmannya (baca Q.S: An-Nahl 10-11; Az-zumar 21; dan Al- An’am: 99).

Mengingat begitu pentingnya air bagi suatu kehidupan, maka penting juga kita mengenali sifat-sifat air. Air merupakan senyawa yang tersusun atas unsur hidrogen dan oksigen. Air memiliki derajat keasamaan (pH) sekitar 7 (netral) , berbentuk cair pada suhu kamar, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Air mampu melarutkan sebagian senyawa yang penting dalam suatu reaksi kimia (kecuali senyawa kelompok lemak).

 

Air dan Kehidupan


Sebelumnya telah diuraikan di atas bahwa air merupakan sumber utama dalam suatu kehidupan. Berkecambahnya benih (biji) terjadi jika benih tersebut direndam, bukan? Reaksi fotosintesis pada tumbuhan pun membutuhkan air sebagai penyumbang elektron dalam pembuatan zat makanan (glukosa), senyawa yang amat penting dalam rantai makanan. Selain itu, pada hewan ataupun manusia, air sangat penting dalam menghantarkan asupan nutrisi melalui pembuluh darah (plasma darah= 99% air), dan juga amat penting dalam reaksi kimia lainnya dalam tubuh. Air merupakan habitat bagi beberapa organisme (hewan), karena mengikat oksigen yang terlarut.
Advertisement

 

Penyebab Pencemaran Air


Kelangsungan kehidupan sangat bergantung pada kesterilan air. Apabila kandungan air berubah maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup suatu organisme. Pencemaran adalah masuknya (sengaja atau tidak) suatu senyawa kimia atau organisme ke suatu media yang bukan aslinya sehingga menyebabkan komposisinya berubah. Sedangkan pencemaran air didefinisikan sebagai suatu perubahaan keadaan air akibat masukya dzat atau materi atau partikel atau makhluk hidup pada tempat- tempat penampungan air yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Dengan demikian, air yang tercemar tentu sangat tidak baik bagi kelangsungan hidup organisme. Hal ini karena akan mengubah keadaan air, mulai dari kandungan oksigen terlarut, warna, bau, sampai ke derajat keasamaan.

Meningkatnya jumlah penduduk berbanding terbalik dengan tingkat air bersih. Bagaimana ini terjadi? Berikut merupakan penyebab atau faktor yang membuat komponen air berubah (tercemar):

a.    Limbah rumah tangga

Populasi manusia yang membludak mengakibatkan buangan dari rumah tangga pun meningkat. Buangan seperti, penggunaan deterjen, kotoran, serta bahan-bahan lainnya yang dapat mencemari perairan dan hal ini amat berpengaruh bagi kelangsungan kehidupan organisme lainnya. Banjir adalah salah satu dampak yang dirasakan dari sampah- sampah yang dibuang ke dalam sungai.

b.    Limbah pabrik

Maraknya pabrik- pabrik yang menggunakan bahan- bahan kimia menghasilkan buangan atau limbah yang dapat mencemari air, seperti minyak, atau sennyawa lainnya. Banyak pabrik- pabrik yang membuang limbah- limbah produksinya ke perairan seprti sungai. Tentunya ini akan merugikan banyak pihak, seperti tumbuhan yang menjadi tidak subur serta kematian hewan- hewan air atau lainnya.

c.    Limbah pertanian

Penggunaan pupuk berlebih serta pestisida pada pertanian akan menimbulkan mencemari perairan dengan senyawa- senyawa kimia yang terkandung di dalamnya. Eutrofikasi adalah suatu peristiwa dimana pertumbuhan tanaman air menjadi tak terkendali. Hal ini disebabkan oleh masuknya limbah- limbah pertanian ke suatu perairan yang tergenang. Dampaknya ialah kelangsungan organisme perairan di dalamnya menjadi terancam.

 

Dampak Pencemaran Air


Dampak yang muncul dari pencemaran air sangat banyak dan tentunya merugikan bagi kehidupan organisme lain. Telah banyak organisme yang menjadi korban akibat pencemaran yang terjadi di perairan. berikut merupakan beberapa dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran air:

1.    Bidang kesehatan. Menurunnya kualitas air akibat pencemaran tentu akan mengancam tingkat kesehatan manusia. Pencemaran air yang menyebabkan pesatnya pertumbuhan bakteri patogen seperti diare yang disebarkan lewat air.  Terlebih jika air yang tercemar dijadikan sebagai sumber air untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga.
2.    Kehidupan organisme lain. Seperti yang telah disebutkan di awal, eutrofikasi mengancam kehidupan biota perairan. dengan pesatnya pertumbuhan tumbuha air seperti alga dan lainnya akan membuat permukaan air dipenuhi oleh tumbuhan tentu saja hal ini akan menyebabkan cahaya yang masuk menjadi sedikit sekali, dengan demikian akan mempengaruhi suhu perairan , suhu yang rendah sangat tidak baik bagi ikan- ikan. Selain itu, kadar oksigen yang terlarut juga semakin rendah. Biota air sangat mengandalkan oksigen terlarut dalam air, jika konsentrasi oksigen berkurang maka persaingan untuk bertahan hidup akan semakin sulit.
3.    Pencemaran lingkungan juga berdampak pada kotornya perairan yang menyababkan nilai keindahannya berkurang. seperti banyak yang kita temui di sungai- sungai di negeri kita yang dipenuhi dengan tumpukan sampah.
4.    Kesuburan tanah pun akan menurun seiring dengan banyaknya pencemaran air yang terjaldi.

Sekian, semoga dengan ini dapat menambah wawasan mengenai peranan, penyebab, dan dampak yang ditimbulkan dari pencemaran air.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top