Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Ciri Ciri Bioma Taiga Lengkap

Ciri Ciri Bioma Taiga Lengkap - Bioma taiga atau disebut juga sebagai hutan konifer adalah salah satu bioma terestrial (daratan) yang terhampar luas menutupi bumi yang ditemukan pada belahan bumi utara. Disebut sebagai hutan konifer karena memang bioma ini didominasi oleh tumbuhan konifer seperti pinus, cemara, dan sejenisnya. Selain itu, bioma ini diwarnai dengan populasi semak dan tumbuhan basah yang tumbuh pada lapisan paling bawah. Hidup pada bioma ini sangat sulit, mengingat suhu yang sangat dingin serta kesepian. Hal ini karena perolehan makanan sangat sulit, mengingat musim dingin pada bioma ini relatif lebih lama. Oleh karena itu, bioma ini didominasi oleh tumbuhan- tumbuhan tertentu serta hewan- hewan yang sering melakukan hibernasi pada saat musim dingin.

Ciri- ciri lengkap bioma taiga yaitu:

1. Suhu

Pada musim dingin bioma ini memiliki suhu sekitar -54 sampai -1 derajat selsius, sedangkan pada musim pana suhu berkisar antara -7 sampai 21 derajat celcius. Pada musim dingin yang berlangsung sekitar enam bulan dalam setahun, bioma ini akan ditutupi dengan salju yang membeku, sedang musim panas memiliki suhu yang hangat. Suhu yang sangat ekstreem membuat tumbuhan pada bioma ini hanya tumbuh pada saat musim panas. Dengan suhu yang sangat ekstreem sat musim dingin membuat anyak hewan yang hidup di dalamnya akan melakukan hibernasi (tidur panjang) sampai musim panas datang, sedang burung- burung akan bermigrasi ke tempat yang lebih hangat. Sebenarnya bioma ini memiliki musim semi dan gugur hanya saja waktunya relatif sangat singkat, sehingga tampak tidak mencolok.

2. Curah hujan

Curah hujan pada bioma ini sangat rendah, sekitar 30- 85 cm per tahun. Hujan terjadi ketika musim panas berlangsung. Uniknya pada bioma ini, meski musim panas masih ditemukan salju. Hujan yang turun akan berubah menjadi salju dan membeku.

3. Didominasi oleh tumbuhan konifer

Dengan lingkungan abiotik yang cukup ekstreem, tak banyak tumbuhan yang mampu tumbuh di bioma ini. Tumbuhan konifer, memiliki struktur morfologi bentuk daun yan seperti jarum, serta akar yang kuat, membuat tumbuhan ini mendominasi bioma ini. Struktur yang demikian dianggap sebagai bentuk adaptasi tumbuhan yang sukse bertahan hidup di habitat taiga. Daun yang menguncup yang dilindungi oleh lapisan lilin, berbentuk seperti jarum adalah suatu adaptasi di daerah dengan suhu dingin. Struktur yang demikian melindungi tumbuhan dari kematian akan suhu yang amat dingin serta pada suhu yang panas. Struktur yang demikian pula membuat tumbuhan konifer tetap kokoh dari tumpukan salju. (dengan daun- daun yang meruncing tentu tidak terbebani oleh salju- salju yang turun). Selain itu tumbuhan konifer dikenal dengan tumbuhan evergreen yaitu tumbuhan yang daunnya senantiasa hijau. warna hijau yang tua ini suatu adaptasi bagi tumbuhan agar ia mampu menyerap panas lebih banyak dan mampu berfotosintesis lebih awal.
Advertisement

Selain tumbuhan konifer, bioma ini juga ditumbuhi oleh lumut kerak serta lumut pada permukaan tanahnya. Kayu- kayu tumbuhan konifer sering dimanfaatkan sebgai bahan pembuatan kertas. Banyak oknum- oknum yang melakukan penebangan akan hutan- hutan konifer, hal ini dapat merusakkeseimbangan ekosistem taiga, mengingat pertumbuhan tumbuhan di bioma ini terjadi sangat lambat, hanya terjadi ketika musim panas (sekitar 3 bulan).

4. Hewan

Tak cukup banyak hewan yang dapat hidup ditempat ini. Hewan yang mampu beradaptasi dengan iklim yang didominasi dengan suhu rendah ialah hewan mamalia yang dilengkapi dengan rambut atau jaringan lemak yang tebal. Diantaranya yaitu beruang, rubah, rusa besar, serigala, kucing salju, kelinci salju, terwelu, serta burung- burung pemakan serangga.  Selain itu, beberapa hewan – hewan mampu beradaptasi dengan mengubah warna rambutnya ketika musim berubah (musim dingin, ditutupi salju, beberapa hewan mampu mengubah warna sesuai dengan warna salju). Hal ini bertujuan untuk pertahanan terhadap pemangsa serta penyimpanan panas terhadap suhu yang rendah. Meski tak banyak hewan ditemukan pada bioma ini, namun banyak serangga yang hidup di bioma ini oleh karena itu, banyak burung- burung bermigrasi ke bioma taiga saat musim panas.

Demikian sekilas info mengenai bioma taiga. Bioma taiga dapat kamu temui di bumi bagian utara seperti Russia. Jika kamu pernah menonton serial film cartoon Masha and The Bear maka kamu dapat membayangkan seperti apa hidup di ekosistem taiga yang full with coldness. Sekian terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top