Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Sistem dan Skema Peredaran Darah Besar dan Kecil

Sistem dan Skema Peredaran Darah Besar dan Kecil - Sistem peredaran darah pada kelompok vertebrata merupakan peredaran darah tertutup, yakni cairan darah senantiasa beredar di dalam pembuluh darah. Selain ikan, semua vertebrata memiliki peredaran darah ganda, yaitu dalam satu siklus beredar akan melewati jantu dua kali. Jantung ikan hanya memiliki jantung beruang dua, sehingga peredaran darahnya tunggal. Jantung terdiri atas kamar-kamar, serambi (atrium) dan bilik (ventrikel). Pada manusia, memiliki jantung beruang empat, terdiri atas dua serambi (atrium kanan-kiri) dan dua bilik (ventrikel kanan-kiri).

 

STRUKTUR JANTUNG MANUSIA


Jantung manusia memiliki empat ruang yang disekat secara sempurna sehingga tidak ada pencampuran darah dari masing-masing ruang. Jantung memiiki dua serambi (atrium), kanan dan kiri, dan dua bilik (ventrikel) kanan dan kiri. Antara biliki dan serambi dibatasi oleh katup yang akan mencegah aliran balik darah bila dipompakan. Darah masuk melalui serambi, kemudian darI serambi akan dipompa ke bilik, dan dari bilik darah akan dipompakan ke seluruh tubuh. Oleh karena bilik memiliki struktur yang lebih tebal supaya dapat memompa darah dengan kuat, terutama struktur bilik kiri yang memompa ke seluruh tubuh.

 

PEMBULUH DARAH


Saluran atau pipa-pipa yang akan membawa cairan darah dari dan ke seluruh tubuh. Terdapat tiga jenis pembuluh darah:

a.    Pembuluh arteri (nadi)

Merupakan pembuluh yang membawa darah keluar jantung. strukturnya tebal hal ini untuk meredam dari tekana dari jantung,dan elastis.

b.    Pembuluh vena

Disebut juga pembuluh balik karena membawa darah balik menuu jantung. disepanjang pembuluh vena terdapat katup yag menghalangi arah balik aliran darah, mengingat, aliran vena ,melawan gravitasi. Vena memiliki struktur yang lebih tipi dibanding arteri dan kaku.

c.    Pembuluh kapiler

Kapiler merupakan pembuluh darah yang paling kecil, hanya dibatasi oleh selapis sel sehingga memungkinkan proses difusi berlangsung.

Advertisement

 

PEREDARAN DARAH MANUSIA


Sistem peredaran darah besar (SPDB) meliputi peredarah dari dan ke seluruh tubuh. Pembuluh vena membawa darah yang kaya akan karbondioksida (hasil dari respirasi seluler) dari sirkuit pembuluh darah bagian tubuh atas dan tubuh bawah, menuju serambi kanan jantung. Vena bagian tubuh bawah akan bermuara pada vena cava inferior, sedang bagian tubuh atas bermuara di vena cava superior. Vena cava merupakan pembuluh vena yang memiliki diameter paling besar, terletak dipintu masuk serami kanan jantung. serambi kanan dan biliki kanan dibatasi oleh katup trikuspidalis yang akan menutup ketika serambi kanan menerima darah dari vena (otot serambi berelaksasi). Kontraksi otot jantung serambi kanan akan membuka katup ini dan mendorong darah yang kaya akan karbondioksida menuju bilik kanan.

Sebaliknya, ketika menerima darah ini, otot pada bilik kanan sedang berelaksasi sehingga akan menutup katup semilunar yang terletak antara bilik kanan dengan pembuluh arteri. Kontraksi otot biliki kanan membuka katup ini, dan memompa darah darah keluar jantun yang dibawa oleh pembuluh darah arteri menuju paru-paru (arteri pulmonarI). Di dalam paru-paru, arteri pumonari akan masuk ke kapiler pulmonari yang mengelilingi alveolus. Di dalam alveolus, dindingnya dikelilingi oleh kaier, maka disinilah terjadi difusi pertukaran gas. Sebagian besar karbondioksida  dibawa oleh plasma darah dalam bentuk senyawa asam bikarbonat, sedangkan sebagian kecil terikat hemoglobin. Karbondioksida akan berdifusikeluar tubuh melalu dinding kapiler alveolus diteruskan ke saluran pernapasan sampai pada lubang hidung, karbondioksida dibuang.

Disisi lain, oksigen hasil menghirup udara yang akan berdifusi masuk kedalam tubuh melalui dinding alveolus yang penuh dengan kapiler darah. Ketika di dalam pembluh kapiler, oksigen akan diikat oleh senyawa hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah. Oksigen-oksigen ini akan diikat. Kemudian vena paru-paru membarah darah baru hasil pertukran udara.  Vena paru-paru (pulmonari) membawa darah yang kaya akan oksigen keluar dari paru-paru dan menuju ruang serambi kiri jantung.  sama halnya seperti pada ruang jantung bagian kanan, ruang jantung bagian kiri juga dibatasi oleh katup bikuspidalis, yang menutup ketika serambi berelaksasi. Otot-otot serambi kiri berkontraksi mendorong darah yang kaya akan oksigen menuju bilik kiri, kemudian katupini menutup kembali untuk mencegah darah kembali arah menuju serambi kiri. Pompa bili kiri akan menghantarkan darah untuk beredar keseluruh tubuh melalui pembuluh aorta (pembuluh arteri yang paling besar diameternya). Dan akan berulah seperti pada awalnya.

Secara skematis, sistem peredaran darah manusia digambarkan sebagai berikut:

 

SISTEM PEREDARAN DARAH KECIL:


Bilik kanan- arteri pulmonari-kapiler pulmonari (paru-paru)- vena pulmonari- serambi kiri

 

SISTEM PEREDARAN DARAH BESAR:


Bilik kiri- aorta-seluruh tubuh- vena cava- serambi kanan

Sumber:

Campbell, N.A. dkk. 2003. Biologi Jilid III. Erlangga. Jakarta.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top